Tuesday, November 19, 2019

Bahaya vetsin bagi tubuh

Vetsin/Micin/MSG

Pengertian MSG atau vetsin

MSG (Monosodium Glutamate) atau monatrium glutamate adalah garam sodium dari asam glutamate. Asam glutamate adalah suatu asam amino yang merupakan salah satu komponen penting protein yang dibutuhkan tubuh kita. Monosodium glutamate (MSG) yang rumus kimianya adalah HCOCCH (NH2) 2COO-NA adalah hasil campuran asam glutamate dan natrium hidruksit. Secara alami asam glutamate terdapat dalam makanan kita sehari-hari seperti daging, ikan, telur, susu (termasuk Asi), keju, tomat, dan berbagai macam sayuran

Manfaat MSG sebagai penguat cita rasa

MSG menguatkan rasa atau aroma bahan makanan pokok itu sendiri. Manfaat lainya adalah menghilangkan rasa tidak enak yang terdapat pada bahan makanan tertentu, misalnya menghilangkan rasa langu kentang. Namun, tidak berarti bahwa MSG menghilangka rasa tidak enak bahan makanan yang sudah rusak.

MSG mudah larut di dalam air. Keunikan MSG adalah selain sebagai penguat cita rasa, bisa di makan dalam tubuh manusia mudah bersenyawa dengan asam amino lainya dan akan membentuk protein.

Apa yang membuat reputasi MSG untuk meningkatkan cita rasa begitu sulit ditelan sehingga terminologinya menjadi agak keliru penyedap cita rasa sesunggunya tidak mengedapkan cita rasa makanan dalam arti tidak membuat makanan tidak enak menjadi lezat, yang mereka kerjakan sesungguhnya adalah mengitensifkan, atau menguatkan cita rasa tertentu yang sudah ada industri makanan olahan lebih suka menyebutnya potensiator, sedangkan kita menyebutya penguat cita rasa.

Dampak negatif penggunaan MSG secara berlebihan

  •  Alergi.

Sebagian kecil konsumen bisa merasakan reaksi hipersensitif.Penelitian memang tidak menunjukkan kalau glutamat bukan senyawa penyebab yang efektif,namun kemungkinan besar kalau gejala itu ditimbulkan oleh senyawa hasil metabolisme seperti Gama Amino Butyric Acid(GABA),serotonin dan histamin.

  • Kanker.

Tanpa ditambah MSG pun,hasil masakan berprotein bisa membentuk senyawa karsinogenik kalau dipanaskan dengan suhu lebih tinggi dan waktu yang lama.Hal ini karena asam amino penyusun protein seperti triptopan,penilalanin,lisin,dan metionin dapat mengalami prolisis.

  • Kelumpuhan

akibat penumpukan asam glutamat dijaringan sel otak.

  • Gangguan

lambung,gangguan tidur,mual-mual,hipertensi,asma,diabetes,sakit kepala,mulut kering,dan penurunan kecerdasan. 

 

Sebenarnya masih banyak bahan-bahan alami pengganti MSG sebagai penyedap rasa.MSG dapat diganti dengan gula pasir,bawang putih,kaldu ayam atau sapi,sosis sapi,atau bubuk hasil dari tumbukan makanan laut seperti udang,teri atau ebi.

 

Add comment


Security code
Refresh