Tuesday, November 19, 2019

Khasiat Terong yang menyehatkan

Terong digunakan dalam bentuk masakan yang sudah dikombinasikan dengan bahan makanan yang lain. Banyak jenis terong yang banyak dijual dipasaran. Harganya pun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan bahan makanan alami lain. Terong beragam jenisnya, seperti terong ungu, terong belanda, terong bulat dan berbagai jenis lain. Ketiga jenis tersebut yang banyak dikonsumsi orang Indonesia. Pada jenisnya tersebut, terong menyimpan manfaat berharga bagi mereka yang mengkonsumsinya. Pada artikel ini akan kita bahas mengenai manfaat terong ungu, terong hijau, dan terong belanda untuk kesehatan tubuh.


Manfaat Terong Hijau

1. Menghilangkan rasa nyeri

Beda halnya di negara Korea, di sana terong di konsumsi setelah di keringkan terlebih dahulu sebagai obat sakit pinggang, encok dan nyeri lainnya. Sayuran ini juga bisa digunakan untuk mengobati campak, ketergantungan pada alkohol, luka bakar, cacar air, serta gastritis.

2. Mencegah kanker

Jus terong mampu menekan kerusakan sel-sel dengan penyimpanan kromosom sebagai pertanda adanya kanker di dalam tubuh. Kandungan tripsin inhibitor yang terdapat di dalam buah ini di yakinin mampu melawan serangan zat yang dapat memicu kanker.

3. Meghilangkan rasa gugup

Terong hijau mengandung skopolamin, strikin dan skoparon yang mampu menghambat serangan sawan, rasa gugup, dan juga kekejangan saraf. Untuk itulah buah ini biasa digunakan untuk mencegah serta mengobat serangan epilepsi san penyakit kejang-kejang lainnya.

4. Menghampat kerusakan pembuluh darah

Manfaat terong hijau yang sering kita dengar yaitu sebagai anti kanker, anti kejang, serta pendepak gangguan pembuluh darah. Di Nigeria bahkan mendewakan tumbuhan yang satu ini terutama bagi para kaum pria. Mereka juga meyakini bahwa buah ini dapat meredam rasa gugup sehingga membuat kita akan menjadi lebih rileks.


Manfaat Terong Ungu

Beberapa zat yang terkandung di dalam buah terong ungu dan khasiatnya

1. Phycocyanian

Phycocyanian Protein kompleks yang terdapat pada kulit ungu terong, dan bermanfaat untuk menstimulasi kerja sel batang pada sumsum tulang, berperan dalam produksi sel darah putih dan merah, mencegah atau melawan kanker, pendarahan wasir, luka borok, bersifat antioksidan, mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat oksidasi kolesterol jahat LDL, antiradang, dan pelindung sel otak. Phycocyanin juga membantu mencegah beragam penyakit akibat komunikasi buruk antar sel, seperti Alzheimer, Parkinson, dan Huntington.

2. Antosianin

Merupakan senyawa flavanoid yang berguna untuk melindungi sel dari sinar ultra violet. Selain itu, Pigmen ini diyakini bisa meningkatkan penglihatan pada waktu malam. Antosianin juga bisa membantu pengobatan penyakit seperti kanker, diabetes mellitus, dan  jantung. Selain itu, antosianin juga bermanfaat sebagai antiradang untuk melindungi otak dan antibakteri.

3. Berbagai macam Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam kulit ungu terong yang terbanyak adalah vitamin B kompleks , dan lainnya seperti vitamin A, C, E, K dan juga vitamin D. Riboflavin (B2) bisa didapat dari terong ungu, yang sebenarnya agak sulit didapatkan dari tumbuhan lain. Padahal Riboflavin (B2) sangat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah, sumsum tulang, dan sistem saraf sehingga bisa mencegah anemia. Kandungan niasin (B3) berefek menenangkan sehingga bisa bisa membantu penyembuhan penyakit stress.

4. Zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya anemia , yang biasanya banyak sekali diderita oleh ibu hamil dan anak-anak. Kondisi ini akan membuat sel darah merah berkurang dan tentunya bisa membuat orang menjadi lebih rentan sakit.

5. Selenium

Salah satu mineral esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh ini sangat penting dalam aktivasi enzim antioksidan, sistem imunitas tubuh dan regulasi kelenjar tiroid sehingga terhindar dari penyakit gondok, memelihara dan mempertahankan tubuh dari infeksi, modulasi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, mencegah infertilitas pada pria, mencegah penyakit jantung koroner, mendukung fungsi antioksidasi dan mengurangi gejala arthritis.

6. Ellagic Acid

Merupakan komponen fenolik yang dapat mencegah penggumpalan darah, menghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker, serta mencegah kerusakan gen.

7. Salicylates

Komponen alami ini bisa menurunkan risiko terjangkitnya serangan jantung.

8. Resveratrol

Komponen alami yang berkhasiat mencegah penyakit jantung, stroke, kanker, tumor, bersifat antiradang, dan meningkatkan stamina tubuh.


Manfaat Terong Belanda

Terong belanda merupakan jenis tumbuhan anggota keluarga solanaceae (terung-terungan). Terong belanda bukan berasal dari Negri Belanda lho tetapi berasal dari daerah Amazon di Amerika latin.

Terong Belanda ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Untuk memperoleh khasiat dari Terong belanda ini kita dapat membuat masakan seperti sambal terong, atau dapat dibuat minuman semacam jus.

Khasiat terong Belanda bagi kesehatan

1. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan pro vitamin A pada terong belanda dapat menyehatkan mata kita

2. Menjaga daya tahan tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam terong belanda ini dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat mencegah dan mengobati penyakit sariawan.

3. Mencegah kanker

Terong belanda mengandung antosianin yang termasuk kedalam golongan flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan sehingga baik untuk mencegah kanker.

4. Mengatasi sembelit

Dalam Terong belanda terdapat serat. Hal ini sangat baik untuk penderita gangguan pencernaan seperti sembelit.

5. Baik untuk pertumbuhan tulang

Kandungan mineral seperti magnesium,potasium dan fosfor dalam terong belanda sangat dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Comments   

0 #1 brianschrank.com 2019-11-13 10:27
Bitcoin spawned a host of successor cryptocurrencies.
Quote

Add comment


Security code
Refresh