Sunday, July 05, 2020

Manfaat Tauge untuk Kesehatan

Toge biasa disebut juga dengan tauge, taoge, kacambah, cambah dan tokolan.  Toge paling sering dijadikan sebagai sayuran dan banyak mengandung banyak sifat senyawa fitokimia. Mengkonsumsi toge sebaiknya dalam keadaan mentah, agar zat muda dalam tauge masih utuh. Namun bagi anda yang tidak dapat memakan toge dalam keadaan mentah dapat dicampurkan dengan sup yang hampir selesai masak dan jangan memasak toge sampai matang.

Jika dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau toge lebih bergizi. Protein toge lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya. Hal ini disebabkan karena selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari tumbuhan Tauge ini, diantaranya adalah:

1. Mencegah Kanker

Proses menjadi toge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

2. Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan toge. Hal ini disebabkan, saponin dalam taoge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu kandungan lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam taoge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

3. Mencegah Osteoporosis

Estrogen alami yang terdapat dalam taoge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam toge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.

4. Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saponin toge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya selT-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, toge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

5. Meningkatkan Kesuburan

Kandungan vitamin E dalam sayuran toge dapat membantu mengurangi gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause, dan gangguan akibat menopause.

6. Menjaga dan Meningkatkan Keasaman Lambung

Ada beberapa orang yang ketika mengkonsumsi kacang akan merasa kembung ini karena mereka terlalu sensitif terhadap oligosakarida. Untuk mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, taoge mungkin salah satunya karena bersifat basa. 

7. Untuk kecantikan

Toge juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam pada wajah, jerawat, menyuburkan rambut, tubuh langsing, membantu meremajakan dan menghaluskan kulit.

You have no rights to post comments