Tuesday, November 19, 2019

Manfaat Buncis

Buncis

Buncis merupakan salah satu sayuran yang jamak diolah menjadi suatu makanan oleh masyarakat indonesia . Sayuran buncis mempunyai nama latin Phaseolus vulgaris . Buncis mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak , Setiap 100 gram buncis cukup untuk memenuhi kebutuhan harian 20% vitamin C, 18% Vitamin K dan 13% vitamin A. Selain itu, ada banyak serat dan sejumlah vitamin B1, B2, B3, B6 dan B11. Buncis juga mengandung mineral, seperti mangan, molibdenum, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, kalsium dan tembaga.

Kandungan fitonutrien dalam buncis termasuk berbagai karotenoid dan flavonoid yang memiliki efek antioksidan kuat. Penelitian terbaru telah menginformasikan adanya lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan neoxanthin dalam buncis. Flavonoid dalam buncis mencakup quercetin, kaemferol, catechin, procyanidin dan epicatechin. Selain itu, buncis juga mempunyai beberapa senyawa berikut: saponin, triterpenoida, steroida, stigmasterin, trigonelin, arginin, asam amino, asparagin, kholina, tanin, fasin (toksalbumin), zat pati, vitamin dan mineral.

Berikut ini beberapa manfaat buncis untuk kesehatan :

1. Meningkatkan metabolisme tubuh
Buncis mengandung beberapa mineral penting seperti mangan, kalium, zat besi dan magnesium. Semua senyawa tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh pengkonsumsinya.Metabolisme tubuh yang berfungsi dengan baik dapat meningkatkan sistem dan fungsi seluruh organ tubuh. Ini pun diperlukan oleh seseorang yang sedang menurunkan berat badannya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin B1, B6 dan vitamin C dalam buncis dapat membuat sistem imun atau kekebalan tubuh kita meningkat. Kekebalan tubuh yang kuat dapat mencegah radikal bebas dan kerusakan DNA.

3. Mengatasi batu ginjal
Serat yang begitu tinggi dalam buncis dapat berguna untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu banyak dokter menganjurkan makanan ini untuk dikonsumsi oleh pasiennya.

4. Menjaga jantung tetap sehat
Dengan mengkonsumsi buncis minimal empat kali seminggu dapat membantu organ jantung kita tetap sehat, manfaat ini kita dapatkan dari buncis karena asam folat yang dikandungnya.

5. Awet muda
Meskipun semua manusia akan menua, tapi dengan mengkonsumsi buncis setiap hari maka seluruh tubuh akan terhindar dari masalah penuaan dini. Buncis mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat menangkal semua gangguan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan paparan sinar matahari.

6. Rendah kalori
Jika anda sedang kesulitan mencari makanan rendah kalori maka buncis bisa dipertimbangkan, kalori memang sering menjadi masalah bagi setiap orang. Kelebihan kalori dapat meningkatkan berat badan sekaligus mengundang berbagai penyakit berbahaya. Untuk menghindari hal tersebut tentu saja dengan mengkonsumsi makanan dan minuman rendah kalori, dan salah satu makanan yang dimaksud adalah buncis.

7. Melancarkan pencernaan
Buncis termasuk ke dalam keluarga kacang, seperti kita tahu bahwa kacang-kacangan tinggi akan serat. Serat berguna untuk membantu sistem pencernaan. Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darh yang bisa memicu serangan jantung diperlukan sistem pencernaan yang bekerja dengan baik. Oleh sebab itu buncis baik untuk dikonsumsi oleh pasien penyakit jantung.

8. Mengendalikan glukosa
Buncis memiliki kadar protein yang begitu tinggi dan tiak kalah jauh dengan telur, jika sayuran ini dimasak dengan benar maka protein yang ada di dalamnya dapat diserap oleh tubuh dan berguna untuk mengendalikan dlokusa atau kadar gula dalam darah. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi penderita diabetes agar gula darah tetap dalam ambang batas aman, selain itu jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah penyakit diabetes atau penyakit gula.

9. Manfaat Buncis Untuk Diabetes
Selain mengandung zat B-sitosterol dan stigmasterol buncis juga mengandung karbohidrat , lemak , protein dan serat kasar yang masing-masing dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh . Buncis ini bisa anda konsumsi secara langsung sebagai lalapan atau dengan cara apapun yang penting kandungan gizi yang ada di dalamnya tidak hilang karena cara mengolahnya yang kurang benar . Bagi anda yang menderita diabetes bisa mengkonsumsi ini setiap hari untuk menyembuhkan penyakit diabetes anda.

10. Mengandung Serat Diet
Buncis mengandung serat diet yang bagus untuk tubuh. Buncis dapat membantu melindungi selaput lendir di usus besar Anda. Selain itu, mengonsumsi buncis dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

11. Mengandung Asam Folat
Kandungan asam folat pada buncis sangat baik untuk ibu hamil. Karena sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi dalam kandungan. Selaint itu buncis juga diketahui dapat memperlancar ASI.

Tips :

* Buncis termasuk jumlah kecil makanan yang mengandung oksalat . Oksalat yang terlalu terkonsentrasi di cairan tubuh dapat mengkristal dan menimbulkan masalah kesehatan, oleh karena itu penderita penyakit ginjal atau kandung empedu mungkin perlu menghindarinya.

* Belilah buncis di pasar atau petani yang menjual dalam kondisi segar dan anda dapat memilih-milih untuk mendapatkan kualitas terbaik . Pilihlah buncis yang berwarna hijau cerah dan bertekstur halus , bebas dari bintik-bintik coklat atau belang . Simpan buncis yang segar dalam kantong plastik di rak kulkas . Dengan cara ini , buncis dapat di simpan sekitar 7 hari dalam kulkas.

* Sebelum memasak buncis , cuci dibawah air mengalir . Potong kedua ujungnya dengan pisau . Buncis sebaiknya tidak dimasak terlalu matang . Untuk mempertahankan fitonutrien , vitamin dan mineralnya sebaiknya anda tidak merebus atau menumis lebih dari 5 menit , memasak terlalu lama juga mengurangi rasa dan menghilangkan kelembaban buncis

* Sebelum kita mengkonsumsi sayur-mayur seperti sayur yang dalam bahasa belanda ini adalah bootjes, perlu memperhatikan bagaimana cara memilih yang tepat. Misalnya dengan memilih dengan warna yang masih segar, tekstur yang lembut, dan masih muda. Sebelum membeli buncis kita harus tahu terlebih dulu mana yang segar atau tidak.

Add comment


Security code
Refresh