Tuesday, November 19, 2019

Manfaat dan kandungan daun singkong

Daun Singkong

Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang paling banyak digemari karena rasanya yang cukup lezat. Bisa dipastikan hampir di semua rumah makan Padang menyajikan sayur olahan daun singkong sebagai salah satu menu andalannya. Sayuran ini juga relative murah serta mudah untuk didapatkan. Biasanya, para ibu rumah tangga akan mengolah daun singkong ini untuk menjadi urapan, sayuran berkuah, serta tumis.

Kandungan Daun Singkong

Mungkin untuk mereka yang tidak suka akan sayuran, daun singkong ini rasanya pahit dan tidak enak. Namun taukah anda bahwa ada banyak sekali nutrisi penting yang terkandung di dalam  daun singkong?  Memang tidak banyak yang tahu bahwa daun singkong ini kaya akan kandungan vitamin, asam amino essensial, vitamin, dan juga protein yang amat baik bagi tubuh kita. 

Protein nabati juga diketahui banyak terkandung di dalam daun ini dan berguna untuk dijadikan unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino di dalam hijau daun ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel rubuh yang rusak, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang, dan juga membantu sistem metabolism di dalam tubuh. Kemudian kandungan klorofil yang terdapat di daun singkong ini berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan.

Daun dari ubi yang banyak diminati ini juga mengandung beberapa nutrisi penting, seperti protein, Serat, lemak, kalori, karbohidrat,  vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dari sekian nutrisi yang ada, yang tertinggi per 100g nya adalah protein(3.7), Serat(0.6), Kalori(37), lemak(0.2), dan karbohidrat (7.3).

Daun Muda singkong merupakan sumber yang baik protein dan vitamin K. Vitamin K berperan potensial dalam membangun massa tulang, yaitu dengan jalan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Dengan demikian daun singkong juga akan berperan dalam pengobatan penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

Manfaat bagi kesehatan

Regenerasi sel: Protein yang terkandung dari daun ubi ini bermanfaat untuk membantu tubuh meregenerasi sel tubuh yang telah mati, sehingga tubuh kita selalu segar dan awet muda. Perlu diketahui bahwa Seluruh otot, kulit, rambut semuanya dibentuk oleh protein.

Kalori: Kalori tentu saja akan memberikan tenaga bagi tubuh kita dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, dan daun singkong juga diketemukan cukup tinggi kalori.

Karbohidrat: Fungsi utama dari karbohidrat adalah sebagai sumber tenaga utama bagi tubuh kita. Selain itu, nutrisi ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan protein. Tanpa karbohidrat, maka tubuh akan mengambil protein sebagai bahan bakar, sehingga akibatnya dapat menghambat pembentukan sel tubuh. Karbohidrat juga membantu kita untuk tetap merasakan kenyang, seperti halnya ketika kita makan nasi.

Serat: Serat makanan memiliki fungsi utama bagi tubuh adalah membantu kelancaran proses pencernaan di usus kita, bermanfaat juga untuk kelancaran proses BAB. Serat juga dapat memberikan perasaan kenyang dan menjaga kadar koletrol, sehingga daun singkong bisa dimanfaatkan untuk membantu diet menurunkan berat badan. Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan,  bahwa daun yang berwarna hijau tua ini pada akhirnya akan membantu kita terhindar dari sakit jantung, kanker usus, diabetes, dan kegemukan.

Antioksidan: Daun singkong juga mengandung klorofil, dimana ini adalah bagian daun yang mrengandung antioksidan, yang bermanfaat untuk menanggulangi dampak dari radikal bebas.

Nafsu makan: Ahli farmakologi juga banyak yang memberikan pendapatnya, jika makan daun umbi singkong dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan.

Mengatasi penyakit stroke: Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering membunuh para korbannya. Dan menurut penelitian para ilmuan, daun singkong merupakan salah satu obat yang mampu menyembuhkan penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan daun singkong merupakan jenis dedaunan yang banyak mengandung isoflavon. Kandungan inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke.

Peningkat daya tahan tubuh: Olahan daun singkong dapat membuat anda menjadi terhindar dari berbagai penyakit ringan. Hal tersebut dikarenakan dalam daun singkong terkandung vitamin C yang jumlahnya cukup banyak sehingga dapat membuat daya tubuh meningkat. Hal tersebut tentunya harus diiringi dengan usaha menjaga kebersihan diri dan juga lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Menyehatkan mata: Daun singkong mengandung banyak vitamin A. Seperti yang kita ketahui, vitamin A adalah jenis vitamin yang mampu menjaga kesehatan mata. Caranya hanyalah dengan cara mengkonsumsi sayur ini rutin setidaknya 3 kali dalam satu minggu dan anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk olahan apapun.

Penyembuh luka: Daun singkong merupakan daun yang kaya akan kandungan serat dan zat besi. Menurut penelitian, serat dan zat besi sangat bermanfaat sebagai zat yang mampu mempercepat pengeringan luka. Selain dapat emmpercepat proses pengeringan luka, daun singkong juga dapat bermanfaat untuk meminimalisir terbentuknya bekas luka. Tentu hal ini sangat penting karena bekas luka sering kali mengganggu percaya diri anda.

Pencegah proses penuaan: Bagi para wanita, mencegah proses penuaan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Bahkan saking pentingnya, banyak diantara wanita yang rela menjalani operasi plastik demi mendapatkan wajah yang muda dan segar. padahal, jika mereka mau mengamati manfaat daun singkong, mereka tak usah lagi susah-susah mengeluarkan banyak uang untuk menjalani operasi plastik. Mereka hanya perlu mengkonsumsi daun singkong kemudian menunggu reaksinya.

Add comment


Security code
Refresh