Tuesday, November 19, 2019

Manfaat Kulit Kentang

Kebanyakan masyarakat kita jika mengkonsumsi kentang semisal kentang rebus biasanya akan dikupas kulitnya karena sepertinya kurang bersih jika memakan kentang rebus langsung bersama kulitnya sekaligus. Demikian juga jika ingin memasak kuliner dengan bahan dasar kentang, selalu kentang tersebut dikupas terlebih dahulu sampai bersih kemudian diiris-iris sesuai keperluan dan dimasukkan ke dalam masakan.

Sekarang juga sudah mulai beberapa kalangan mengkonsumsi kentang dengan tanpa dikupas terlebih dahulu dan dimakan bersama-sama kulitnya.Dari penelitian yang terbaru, ternyata diketahui bahwa dalam kulit kentang tersimpan kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Perlu dicatat bahwa di banyak daerah, tanaman kentang disemprot dengan bahan kimia untuk melindungi mereka dari hama dan penyakit. Pestisida ini dapat menjadi terkonsentrasi di kulit kentang. Setiap konsumen yang peduli tentang kemungkinan menelan pestisida harus mencuci dengan sebersih-bersihnya agar tidak keracunan pestisida.

Berikut beberapa manfaat kesehatan jika kita mengkonsumsi kentang beserta kulitnya sekalian (Kentang tidak perlu dikupas hanya dicuci bersih saja sebelum dimasak/diolah):

  • Manfaat Sebagai Antioksidan
    Kulit Kentang Sebagai Sumber Vitamin C. Banyak yang tak menduga, mengonsumsi kentang bersama kulitnya akan menutrisi Vitamin C ke tubuh. Bahkan, satu kentang besar bisa berfungsi memenuhi setengah Vitamin C kebutuhan Anda. Vitamin C penting bagi tubuh sebagai antioksidan dan membantu menyembuhkan luka.
  • Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Diabetes
    Kulit Kentang Berserat Tinggi. Jika makan kentang beserta kulitnya, artinya telah mengonsumsi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau sekitar seperempat dari kebutuhan per hari. Namun jika tanpa serat, banyaknya serat dalam kentang hanya 1 gram. Konsumsi kentang akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan kolesterol dan membantu mencegah diabetes.
  • Menurunkan Tekanan Darah dan Menghindari Dehidrasi
    Kentang dan Kulitnya Kaya kandungan Kalium. Salah satu buah yang juga kaya akan kandungan Kalium adalah pisang. Seperti hanlnya pisang kandungan Kalium dalam kentang dan kulit kentang tergolong tinggi. Bahkan dengan mengonsumsi kentang beserta kulit mengandung 1.600 mg kalium, setengah dari jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh per harinya. Terpenuhinya kebutuhan kalium jadi kunci penting untuk menghindari dehidrasi dan menurunkan tekanan darah.
  • Menjaga dalam Metabolisme Protein, Karbohidrat dan Kolesterol
    Kandungan Kentang dan Kulitnya Sebagai sumber mangan. Kandungan nutrisi ini memang jarang dikenal, tapi tubuh membutuhkannya. Satu kentang besar dengan kulit mengandung 33% kebutuhan mangan per hari. Mangan berperan penting dalam pengolahan protein, karbohidrat dan kolesterol.
  • Manfaat Untuk Kekebalan Tubuh
    Kentang dan Kulit Kentang Kaya Vitamin B6.  Makan satu kentang beserta kulitnya telah memenuhi 46% Vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini berfungsi dalam kerja kardiovaskular, pencernaan dan kekebalan tubuh.
  • Sumber Kalium
    Jika seserang membutuhkan asupan kalium maka buah pisang adalah buah yang paling disarankan karena kaya akan kandungan kalium. Ternyata selain buah pisang kulit kentang juga kaya akan kandungan kalium. Pada kulit 1 butir  kentang mengandung 1.600 mg kalium yang mana jumlah tersebut adalah setengah dari jumlah asupan kalium yang dibutuhkan manusia dalam sehari.

 

Add comment


Security code
Refresh