Tuesday, November 19, 2019

Strategi Bisnis Catering

Usaha katering merupakan usaha yang popular di bidang boga. Di setiap kesempatan dan momen kita sering menjumpai aneka makanan enak yang disajikan dengan menarik oleh pengusaha katering. Usaha Catering merupakan usaha yang cocok bagi anda yang suka memasak dan ingin mempunyai usaha sendiri

Ada macam-macam tingkatan dalam usaha ini. Tetapi biasanya dimulai dari usaha rumahan dulu. Usaha katering tingat rumahan adalah usaha jasa boga yang melayani pesanan sampai dengan seratus orang. Sebagai pemula yang mengerjakan usaha ini sendiri sebaiknya anda mulai melayani pesanan secara bertahap.

Banyak hal yang bisa dilakukan dapat untuk memajukan bisnis catering ini. Pada dasarnya setiap usaha katering sudah memiliki tips-tips yang pada umumnya sama. Seperti cara memasarkan, penetapan harga, menu atau pelayanan.

Untuk lebih detailnya, berikut dijelaskan lebih rinci tips-tips yang dapat dilakukan oleh mereka yang membuka usaha catering.

1. Pemasaran
Tentukan pasar. Tidak ada salahnya membuat brosur sebagai langkah promosi selain upaya dari mulut ke mulut. Ada baiknya mereka yang berbisnis catering ini menguasai teknologi. Sekarang era-nya internet, di mana-mana orang menggunakan internet. Tidak ada salahnya menyarankan rekan-rekan mereka untuk mem-forward iklan katering ke rekan-rekan yang lainnya.

2. Harga
Biasanya pelanggan akan lebih memilih usaha catering yang menetapkan harga bersaing. "kalau katering itu menerima pesanan dari ibu-ibu yang tinggal di kompleks perumahan, biasanya sedikit lebih cerewet dibandingkan dengan pelanggan dari kantoran. Agar lebih mudah menarik pelanggan, tetapkan harga tidak melampaui harga standar satu porsi makanan di kawasan sekitarnya.

3. Menu
Menu bisa memabuat pelanggan tidak pindah jasa catering adalah pilihan menu. Orang kantoran yang langganan katering cenderung tidak terlalu rewel dalam masalah menu. Asal makanan tidak basi dan enak, mereka akan langsung memakannya. Berbeda dengan pelanggan dari kalangan ibu-ibu. Mereka biasanya lebih teliti terhadap jenis makanan, menu, dan kebersihannya." gantilah menu makanan sesering mungkin untuk menghindari kebosanan dari para pelanggan. Dengan tidak melupakan teknik pembuatan yang tetap memerhatikan segi kebersihan saat pengolahan makanan. Jangan sampai hasil pengolahan mengecewakan pelanggan.

4. Rasa
Orang akan segan untuk berpindah jasa catering jika lidahnya sudah cocok dengan katering langganannya. Walaupun menu berubah, taste makanan harus tetap diperhatikan agar para pelanggan tidak merasakan rasa yang aneh atau berubah di lidah. Ada baiknya juga, setiap memasarkan usaha kateringnya disertai dengan menu yang tersedia saat itu untuk lebih menarik minat pelanggan.

Jika empat strategi itu bisa dijalankan dengan usaha tekun dan bisa mempertahankannya dengan baik maka catering anda pastilah maju untuk kedepannya.

Comments   

0 #1 Parkolas 2019-07-06 15:25
Awesome post.
Quote

Add comment


Security code
Refresh